Sebanyak 15.488 Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) selama tiga hari (14/8-16/8/2023).
Ketua Pelaksana PK2MABA Miftakhul Cahyati, drg., Sp.PM menjelaskan kegiatan tahun ini berbeda dibandingkan sebelumnya karena hampir semua Maba dari 17 fakultas di UB mengikuti secara luring. “Perbedaan secara signifikan ada pada pelaksanaannya. Tahun sebelumnya PK2MABA di hadiri secara Hybrid oleh perwakilan mahasiswa. Tahun ini full luring dengan Venue utama UB Veteran dan UB Kediri yang dihadiri oleh mahasiswa PSDKU Kediri,” kata drg. Mifta.
Kegiatan PK2MABA tingkat universitas dilaksanakan pada 14-16 Agusts, dilanjutkan di fakultas pada 18-20 Agustus 2023, dan ditutup dengan pelaksanaan Open House pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2023. Open House merupakan kegiatan berupa expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dihadiri oleh Maba UB.
Dalam acara PKKMB ini, Divisi Informasi dan Kehumasan (DIK) mendapatkan kesempatan untuk mensosialisasikan sistem layanan umpan balik di UB yang dikelola oleh DIK, yaitu UB-Care kepada Mahasiswa Baru (Maba) UB. Sosialisasi ini dilaksanakan melalui pemaparan oleh kepala DIDK, Ibu Zulfaidah Penata Gama, S.Si., M.Si., Ph.D.
Pengenalan sistem tersebut diawali dengan presentasi yang berisi tentang apa yang perlu dilakukan jika memiliki umpan balik (kritik, saran, keluhan, maupun apresiasi) terhadap layanan di UB. Yang pertama bisa disampaikan kepada Fakultas/Unit Kerja terkait dan yang kedua, jika belum mencapai titik tuntas, bisa disampaikan melalui sistem UB-Care.
Pengenalan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai apa itu sistem UB-Care, yaitu sebuah sistem layanan untuk menerima umpan balik (kritik, saran, dan keluhan, serta apresiasi) dari sivitas akademika (dosen, karyawan, mahasiswa) maupun pihak luar UB. Sistem ini merupakan media resmi yang dimiliki UB dalam melayani kritik, saran, keluhan, serta apresiasi dari stake holder UB. Selain itu, sistem UB-Care didukung sumber daya manusia, yakni operator yang tersebar di seluruh Fakultas dan Unit Kerja, yang bertugas meneruskan pesan kepada pimpinan masing-masing. Tak kalah pentingnya, operator UB-Care selalu berkomitmen untuk menyampaikan umpan balik secara cepat. Sebagai penutup, disampaikan cara penggunaan sistem UB-Care, melalui media video tutorial penggunaan sistem, sehingga mudah untuk diikuti dan dapat menjadi referensi bagi Maba yang ingin menyampaikan umpan baliknya.