
Menjaga kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dalam suatu institusi atau organisasi adalah hal penting untuk menjaga kualitas layanan yang diberikan. Universitas Brawijaya (UB) sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia berkomitmen menjaga kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dalam hal ini civitas akademika dan pihak luar. Salah satu bentuk implementasi UB dalam menjaga mutu dan kepuasan pelanggan adalah sistem layanan umpan balik (kritik, saran, dan apresiasi) yang dinamakan UB-Care (https://ub-care.ub.ac.id/). Sistem UB-Care ini menjadi layanan penerima umpan balik dari seluruh civitas akademika dan pihak luar. Tidak hanya menerima, UB-Care yang didukung oleh sekitar 50 operator juga mengelola umpan balik yang masuk sampai menjawab umpan balik tersebut. Oleh karena itu perbaikan dan peningkatan sistem UB-Care telah dilakukan dalam setiap tahunya. Hal itu dikerjakan dengan tujuan sistem selalu bisa berjalan dengan lancar, kekurangan bisa segera diperbaiki, dan mengikuti perkembangan teknologi sesuai dengan saran dan masukan dari pengguna UB-Care.

Pada tahun 2023 ini upgrade sistem UB-Care dimulai pada bulan Juni hingga September 2023 diawali dengan kegiatan monitoring dan evaluasi sistem UB-Care bersama seluruh pimpinan dilingkungan UB dan dilanjutkan dengan upgrade sistem UB-Care dibulan Agustus – September.

Pada tahun 2023 ini fokus perbaikan dan peningkatan kualitas sistem UB-Care pada bilingual pada sistem. Hal ini didasari civitas akademika UB tidak hanya dari Masyarakat Indonesia, akan tetapi juga terdapat mahasiswa hingga tamu yang berasal dari mancanegara. Harapan kedepan sistem ini bisa mewadahi aspirasi secara menyeluruh dari civitas akademika terkait saran, kritik, dan masukan dari layanan yang diterima sehingga perbaikan layanan bisa dilakukan dan berdampak pada kepuasan Masyarakat terhadap UB.
Laporan kegiatan bisa diunduh pada tautan berikut: Dokumen Laporan.