Laporan Sistem Layanan Umpan Balik (UB-Care) Juli 2023

Pada bulan Juli 2023 tercatat terdapat 41 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care yang lebih sedikit dari bulan Juni (sebanyak 43 umpan balik). Sebanyak 13 umpan balik ditujukan untuk fakultas, dan 28 untuk unit kerja. Sebagaimana pada Gambar 1, semua umpan balik telah direspon oleh fakultas dan unit kerja.

Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik per Juli 2023

Gambar 2. Lingkup Umpan balik per Juli 2023

Secara umum, lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak di bidang pembiayaan sarana dan prasarana, sistem informasi sebanyak 11 umpan balik. Sebagian besar umpan balik terkait dengan pertanyaan seputar UKT, pendaftaran mahasiswa baru, dan sikap petugas layanan (lihat Gambar 2). Umpan balik terbanyak berikutnya adalah mahasiswa dan lulusan sebanyak 9 umpan balik yang sebagian besar terkait akademik seperti pendaftaran mahasiswa baru, wisuda, pin ijazah, dan jadwal PK2MABA UB.

Umpan balik terbanyak ketiga adalah visi misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian sebanyak 7 umpan balik yang diantaranya terkait seleksi mandiri UB, Almamater UB, layanan RS-UB, transparasi nilai, dan pengurusan berkas akademik di FT-UB.

Berikut adalah rincian data umpan balik untuk fakultas, unit kerja, dan umpan balik yang perlu menjadi perhatian pimpinan universitas.

  1. Data Umpan Balik Per Fakultas

Terlihat ada 9 Fakultas dengan jumlah rata-rata dibawah 5 umpan balik (lihat Gambar 3). Sebagian besar umpan balik tersebut terkait akademik seperti protes nilai suatu mata kuliah, pedoman penulisan S3 dan TOEFL, birokrasi layanan daftar wisuda, dan form penelitian untuk tugas akhir. Semua umpan balik tersebut telah selesai direspon/ ditindaklajuti.

Gambar 3. Distribusi Umpan Balik di Fakultas Juli 2023

 

  1. Data Umpan Balik Per Unit Kerja

Terlihat pada Gambar 4, unit kerja yang paling banyak memperoleh umpan balik adalah Direktorat Administrasi Layanan Akademik (DALA) sebanyak 20 umpan balik yang sebagian besar didominasi kendala didalam sistem pendaftaran mahasiswa baru (lihat Gambar 4). Hal ini dikarenakan bulan juli adalah waktu pendaftaran mahasiswa baru sehingga terkadang terjadi eror atau kendala di sistem, kemudian umpan balik terkait ijazah, dan pertanyaan seputar UKT. Umpan balik terbanyak kedua ditujukan kepada Direktorat Aset sebanyak 2 umpan balik yang semuanya terkait mahasiswa yang belum menerima almamater. Hal ini perlu perhatian pimpinan karena jawaban Direktorat Aset masih bersifat formal.

Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Juli 2023