Hasil SKM tahun 2021
Pelayanan publik kepada mahasiswa, stakeholder dan masyarakat umum pengguna jasa layanan di Universitas Brawijaya (UB) sampai saat ini sudah berjalan lancar, akan tetapi masih belum sepenuhnya memenuhi kualitas atau kepuasan yang diharapkan pengguna jasa. Maka dari itu diperlukan pengukuran tingkat keberhasilan layanan berupa survey kepuasan masyarakat (SKM) / Evaluasi kepuasan pengguna jasa Universitas Brawijaya. Pada tahun 2021 UB menggunakan cara dalam survey ini yaitu melalui Google Form dengan harapan untuk untuk lebih mudah dan efisien.
Survey tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan data dukung Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), sistem manajemen ISO 9001:2008, dan evaluasi perbaikan layanan UB, dan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di UB.
Survey Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa UB) dilaksanakan secara berkala 1 kali dalam setahun (dilaksanakan akhir tahun) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kinerja layanan di UB sebagai bahan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik pada tahun berikutnya dan seterusnya. Sebagai sasaran Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa) UB pada tahun 2021 adalah mahasiswa, dosen, karyawan, dan pihak luar UB di lingkungan UB dengan melibatkan sebanyak total 9.111 responden dengan waktu pelaksanaan survey antara tanggal 23 November – 3 Desember 2021. Berikut ini kami sampaikan beberapa hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (pengguna jasa UB) tahun 2021.
1. Grafik Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB Tahun 2020
2. Proporsi Responden survei kepuasan pengguna jasa UB
3. Grafik Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) dari per jenis responden UB Tahun 2021
4. Perkembangan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB dari tahun 2017-2021
Unduh File Surat Pengantar Pelaksanaan SKM Tahun 2021 (PDF)
Unduh File Buku Laporan SKM Tahun 2021 (PDF)