Informasi Layanan Umpan Balik UB-Care dan Lapor.go.id Bulan Oktober 2024

Di Bulan Oktober ini, tercatat hanya 62 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care. Jumlah ini sedikit menurun dibanding tahun sebelumnya sebanyak 78 umpan balik. Sebanyak 39 umpan balik ditujukan untuk fakultas, dan 23 untuk unit kerja. Sebagaimana pada Gambar 1, dari 62 umpan balik, 59/ 95% umpan balik telah direspon. Dan sisanya 3 umpan balik/ 5% belum direspon dikarenakan umpan balik masuk menjelang akhir bulan oktober sehingga saat ini masih proses di fakultas dan unit kerja.

Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik bulan Oktober 2024

Gambar 2. Lingkup Umpan balik bulan Oktober 2024

Sebagaimana data pada Gambar 2, pada bulan Oktober lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak adalah Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi sebanyak 27 umpan balik yang didominasi oleh laporan kerusakan AC pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Para mahasiswa mengisi UB-Care secara bersama-sama sehingga jumlah umpan balik menjadi banyak. Umpan balik terbanyak berikutnya adalah visi misi, tujuan, sasaran, serta strategi pencapaian sebanyak 10 umpan balik terkait layanan akademik, reward mahasiswa, data PDDIKTI, dan sarana prasarana kelas.

Berikut adalah rincian data umpan balik untuk fakultas, unit kerja, dan umpan balik yang perlu menjadi perhatian pimpinan universitas.

Data Umpan Balik Per Fakultas

Sebagaimana data pada Gambar 3, Terlihat ada 7 Fakultas yang menerima umpan balik pada bulan Oktober. Isi umpan balik sebagian besar layanan akademik, dan sarana prasarana. Pada bulan ini fakultas terbanyak menerima umpan balik adalah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan 19 umpan balik hampir seluruhnya terkait AC rusak di kelas. Mahasiswa secara Bersama-sama menyampaikan keluhan terkait AC rusak tersebut. Fakultas berikutnya adalah Fakultas Hukum sebanyak 6 umpan balik terkait layanan akademik. Fakultas berikutnya adalah Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Tekonologi Pertanian, dan Fakultas Kedokteran.

Gambar 3. Distribusi Umpan Balik Fakultas di bulan Oktober 2024

 

Data Umpan Balik Per Unit Kerja

Selama bulan Mei, terdapat 8 unit kerja yang memperoleh umpan balik. Adapun paling banyak memperoleh umpan balik adalah Direktorat Kemahasiswaan sebanyak 11 umpan balik yang Sebagian besar terkait beasiswa kartu Indonesia pintar kuliah (KIPK) yang saat ini sedang proses persiapan pencairan.

Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Oktober 2024

 

Data Umpan Balik Lapor.go.id

Dalam bulan Oktober ini, terdapat 2 umpan balik melalui lapor.go.id yang masuk yaitu kepada Fakultas Hukum terkait penyelesaian tugas kuliah. Dan berikutnya kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terkait layanan jurnal. Saat ini laporan tersebut telah direspon oleh FISIP.