Informasi Layanan Umpan Balik UB-Care dan Lapor.go.id Bulan Mei 2024

Di Bulan Mei ini, tercatat hanya 37 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care. Sebanyak 5 umpan balik ditujukan untuk fakultas, dan 24 untuk unit kerja. Sebagaimana pada Gambar 1, seluruh bulan Mei umpan balik telah dijawab oleh fakultas dan unit kerja. Hal ini menunjukan komitmen untiversitas dalam melayani kritik, saran, dan masukan yang diberikan oleh civitas akademika.

Diagram lingkaran, menunjukkan keluhan telah selesai seratus persen.

Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik bulan Mei 2024

Diagram batang yang menunjukkan sebaran jumlah keluhan diantara delapan aspek

Gambar 2. Lingkup Umpan balik bulan Mei 2024

Sebagaimana data pada Gambar 2, pada bulan Mei lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak adalah Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi sebanyak 12 umpan balik yang sebagian besar didominasi terkait perbaikan sarana prasarana kelas. Umpan balik terbanyak berikutnya adalah Mahasiswa dan Lulusan sebanyak 7 umpan balik terkait data yudisium, ijazah, dan penyalahgunaan KIP oleh mahasiswa.

Berikut adalah rincian data umpan balik untuk fakultas, unit kerja, dan umpan balik yang perlu menjadi perhatian pimpinan universitas.

1.     Data Umpan Balik Per Fakultas

Sebagaimana data pada Gambar 3, Terlihat ada 5 Fakultas yang menerima umpan balik pada bulan Mei. Isi umpan balik sebagian besar layanan akademik, dan sarana prasarana. Pada bulan ini fakultas terbanyak menerima umpan balik adalah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan 5 umpan balik terkait AC rusak di kelas. Fakultas berikutnya adalah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas MIPA, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Diagram batang yang menunjukkan sebaran jumlah keluhan di fakultas

Gambar 3. Distribusi Umpan Balik Fakultas di bulan Mei 2024

 

2.     Data Umpan Balik Per Unit Kerja

Selama bulan Mei, terdapat 5 unit kerja yang memperoleh umpan balik. Adapun paling banyak memperoleh umpan balik adalah Direktorat Administrasi layanan Akademik sebanyak 10 umpan balik data yudisium, magang, ijazah, kalender akademik, buku wisuda, dan magang dan studi independen bersertifikat.

Diagram batang yang menunjukkan sebaran jumlah keluhan di unit kerja

Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Mei 2024

3.     Data Umpan Balik Lapor.go.id

Dalam bulan Mei ini, terdapat 2 umpan balik melalui lapor.go.id yang masuk yaitu kepada Fakultas Hukum terkait penyelesaian tugas kuliah. Dan berikutnya kepada Fakultas Teknologi Pertanian terkait penyalahgunaan wewenang. Akan tetapi terkait keluhan tersebut kami alihkan ke sistem portal wbs.ub.ac.id sesuai dengan jenis keluhan tersebut.