Informasi Layanan Umpan Balik UB-Care dan Lapor.go.id Bulan Juli 2024

Di Bulan Juli ini, tercatat hanya 44 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care. Jumlah ini menurun dibanding bulan Juni sebanyak 119. Hal ini dikarenakan pada bulan Juni banyak umpan balik kepada Rektor dan Wakil Rektor bidang Keuangan dan SDM terkait peraturan rektor tentang BPU dan gaji 13 di Rumah Sakit UB. Dan hingga akhir Juni ini umpan balik tersebut telah direspon. Sebagaimana pada Gambar 1, dari 44 umpan balik, 43 (97.7%) diantaranya telah direspon dan menyisahkan 1 (2.3%) umpan balik yang belum dijawab. Hal ini menunjukan komitmen untiversitas dalam melayani kritik, saran, dan masukan yang diberikan oleh civitas akademika.

Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik bulan Juli 2024

Gambar 2. Lingkup Umpan balik bulan Juli 2024

Sebagaimana data pada Gambar 2, pada bulan Juli lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak adalah terkait mahasiswa dan lulusan sebanyak 9 umpan balik diantaranya tentang reward lomba mahasiswa, Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK), pindahan prodi, wisuda, UKT, dan surat LOA. Umpan balik terbanyak berikutnya adalah Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi sebanyak 9 umpan balik yang Sebagian besar terkait UKT. Hal ini dikarenakan bulan Juli ini adalah penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa baru.

Berikut adalah rincian data umpan balik untuk fakultas, unit kerja, dan umpan balik yang perlu menjadi perhatian pimpinan universitas.

  1. Data Umpan Balik Per Fakultas

Sebagaimana data pada Gambar 3, Terlihat ada 9 Fakultas yang menerima umpan balik pada bulan Juli. Fakultas terbanyak yang menerima umpan balik adalah Fakultas Hukum dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang masing-masing menerima 3 umpan balik terkait perbaikan nilai, area parkir, petugas layanan, UKT, dosen, dan sisa saldo di SIAM. Adapun fakultas lainnya adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Vokasi.

Gambar 3. Distribusi Umpan Balik Fakultas di bulan Juli 2024

  1. Data Umpan Balik Per Unit Kerja

Selama bulan Juli, terdapat 8 unit kerja yang memperoleh umpan balik. Adapun paling banyak memperoleh umpan balik adalah Direktorat Administrasi Layanan Akademik (DALA) sebanyak 15 umpan balik. Sebagian umpan balik terkait pendaftaran mahasiswa baru seperti status SIAM, penetapan UKT, pemberkasan online mahasiswa baru, dan lain-lain. Adapun unit kerja berikutnya adalah Direktorat Kemahasiswaan sebanyak 5 umpan balik yang Sebagian besar terkait Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).

Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Juli 2024

 

  1. Data Umpan Balik Lapor.go.id

Pada bulan Juli ini, tidak terdapat laporan melalui LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) kepada Universitas Brawijaya.