Informasi Layanan Umpan Balik UB-Care dan Lapor.go.id Bulan Januari 2025

Di awal tahun 2025 ini, tercatat terdapat 100 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care. Jumlah ini terhitung cukup tinggi dalam satu bulan. Hal ini dikarenakan dalam bulan Januari ini ada keluhan yang mendominasi yaitu perubahan jadwal tes TOEFL yang awalnya online menjadi offline secara mendadak. Hal ini telah dijawab dan direspon oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. Sebagain rincian pada bulan Januari ini Sebanyak 37 umpan balik ditujukan untuk fakultas, dan 63 untuk unit kerja. Sebagaimana pada Gambar 1, seluruh umpan balik telah direspon oleh fakultas dan unit kerja.


Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik bulan Januari 2025


Gambar 2. Lingkup Umpan balik bulan Januari 2025

Sebagaimana data pada Gambar 2, pada bulan Januari lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak adalah mahasiswa dan lulusan sebanyak 28 umpan balik yang di dominasi terkait ujian tes TOEFL dan keterlambatan wisuda Prodi Teknik Bioproses. Hal tersebut terjadi dikarenakan ujian TOEFL yang awalnya online menjadi offline secara mendadak dan telah diberi solusi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Brawijaya Language Center. Adapun keterlambatan wisuda Prodi Teknik Bioproses dikarenakan pergantian nama dari Teknologi Bioproses menjadi Teknik Bioproses sehingga butuh migrasi data di aplikasi PISN dan telah dtindaklanjuti. Umpan balik terbanyak berikutnya adalah kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik sebanyak 28 umpan balik yang sebagian besar keluhan beberapa mahasiswa terkait nilai kuliah pada salah satu fakultas dan telah ditindaklanjuti.
Berikut adalah rincian data umpan balik untuk fakultas, unit kerja, dan umpan balik yang perlu menjadi perhatian pimpinan universitas.

1. Data Umpan Balik Per Fakultas

Sebagaimana data pada Gambar 3, Terlihat ada 10 Fakultas yang menerima umpan balik pada bulan Januari. Isi umpan balik sebagian besar layanan akademik, dan kemahasiswaan. Pada bulan ini fakultas terbanyak menerima umpan balik adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terkait beberapa mahasiswa memprotes nilai kuliah dan telah ditindaklanjuti.
Fakultas berikutnya adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Vokasi yang menerima masing-masing 5 umpan balik terkait pengawas ujian, penurunan UKT, dosen, RPS, dan permohonan revisi nilai. Semua umpan balik kepada fakultas telah direspon dan ditindaklanjuti. terimakasih


Gambar 3. Distribusi Umpan Balik Fakultas di bulan Januari 2025

2. Data Umpan Balik Per Unit Kerja
Selama bulan Januari, terdapat 9 unit kerja yang memperoleh umpan balik. Dan semua umpan balik tersebut telah di jawab. Adapun paling banyak memperoleh umpan balik adalah Badan Pengelola Usaha (BPU) sebanyak 20 umpan balik. Umpan balik tersebut terkait ujian tes TOEFL dan keterlambatan wisuda Prodi Teknik Bioproses. Hal tersebut terjadi dikarenakan ujian TOEFL yang awalnya online menjadi offline secara mendadak dan telah diberi solusi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Brawijaya Language Center.
Unit kerja berikutnya adalah Direktorat Adminsistrasi Layanan Akademik (DALA) sebanyak 17 umpan balik yang Sebagian besar terkait keterlambatan wisuda Prodi Teknik Bioproses dikarenakan pergantian nama dari Teknologi Bioproses menjadi Teknik Bioproses sehingga butuh migrasi data di aplikasi PISN dan telah dtindaklanjuti.


Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Januari 2025

 

3. Data Umpan Balik Lapor.go.id

Selama bulan Januari ini, tidak ada keluhan yang masuk melalui sistem Lapor.go.id.