Pada bulan Februari 2025 ini, tercatat terdapat 53 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care. Jumlah ini menurun disbanding bulan sebelumnya sebanyak 100 umpan balik. Sebagai rincian pada bulan Januari ini Sebanyak 29 umpan balik ditujukan untuk fakultas, dan 24 untuk unit kerja. Sebagaimana pada Gambar 1, hingga 3 Maret masih terdapat 4 umpan balik yang belum dijawab dikarenakan umpan balik tersebut masuk diatas tanggal 25 Februari sehingga saat ini masih proses di fakultas dan unit kerja.
Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik bulan Februari 2025
Gambar 2. Lingkup Umpan balik bulan Februari 2025
Sebagaimana data pada Gambar 2, pada bulan Februari lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak adalah pembiayaan, sarana prasarana, dan sistem informasi sebanyak 13 umpan balik terkait KTM, layanan klinik, pencairan reward mahasiswa, sirkulasi ruang kelas, KIPK, dan perbaikan stop kontak gazebo perpustakaan.
Umpan balik terbanyak berikutnya adalah lingkup mahasiswa dan lulusan sebanyak 12 umpan balik yang Sebagian besar terkait jadwal wisuda pada salah satu prodi dikarenakan perubahan nama prodi sehingga berdampak pada ijazah dan lain-lain. Hal ini telah direspon oleh Direktorat Administrasi Layanan Akademik dan Wakil Rektor Bidang Akademik.
Berikut adalah rincian data umpan balik untuk fakultas, unit kerja, dan umpan balik yang perlu menjadi perhatian pimpinan universitas.
1. Data Umpan Balik Per Fakultas
Sebagaimana data pada Gambar 3, Terlihat ada 13 Fakultas yang menerima umpan balik pada bulan Januari. Isi umpan balik sebagian besar layanan akademik, dan kemahasiswaan. Pada bulan ini fakultas terbanyak menerima umpan balik adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) yang sama menerima 4 umpan balik terkait nilai kuliah, sirkulasi ruang kelas, layanan dosen, KHS, BAIS-UB, dan pendaftaran S2 Biologi. Untuk FKH masih ada 2 umpan balik yang belum dijawab terkait asisten praktikum. Hal tersebut telah diingatkan kembali oleh Divisi Informasi dan Kehumasan kepada FKH untuk segera merespon laporan tersebut.
Gambar 3. Distribusi Umpan Balik Fakultas di bulan Februari 2025
2. Data Umpan Balik Per Unit Kerja
Selama bulan Februari, terdapat 9 unit kerja yang memperoleh umpan balik. Adapun paling banyak memperoleh umpan balik adalah Direktorat Adminsistrasi Layanan Akademik (DALA) sebanyak 8 umpan balik terkait jadwal wisuda, KTM, layanan akademik, dan mahasiswa baru pascasarjana. Umpan balik terkait keterlambatan wisuda masih terjadi pada salah satu prodi yaitu prodi Teknik Bioproses dikarenakan pergantian nama dari Teknologi Bioproses menjadi Teknik Bioproses sehingga butuh migrasi data di aplikasi PISN dan telah dtindaklanjuti.
Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Februari 2025
3. Data Umpan Balik Lapor.go.id
Selama bulan Februari ini, terdapat 2 lapor yang masuk yaitu terkait UKT mahasiswa yang ditujukan kepada Wakil Rektor Bagian Keuangan dan Sumber Daya dan telah direspon. Kemudian 1 lapor terkait dosen yang izin belajar di Fakultas Hukum dan belum dijawab/ masih proses di fakultas.