Di Bulan Agustus ini adalah bulan yang spesial bagi Unversitas Brawijaya khususnya para mahasiswa baru karena pada pada 12-14 Agustus 2024 diadakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA). Kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan atau opening ceremony di lapangan rektorat UB pada Senin (12/8/2024). Pada upacara pembukaan ini, sedikitnya 15 ribu mahasiswa baru menghadiri secara luring. Selanjutnya, kegiatan dilaksanakan secara hybrid atau sebagian maba mengikut secara luring, sebagian lainnya secara daring. Berkaitan dengan hal tersebut juga Universias Brawijaya sebagai universitas terkemuka di Indonesia juga selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh sivitas akademika UB. Salah satu buktinya adalah UB menerima segala aspirasi, keluhan, saran dan masukan melalui sistem layanan umpan balik yang Bernama UB-Care UB dengan link https://ub-care.ub.ac.id/.
Selama bulan Agustus ini, data per tanggal 5 September 2024 tercatat 43 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care. Jumlah ini menurun sedikit dibanding bulan Juli sebanyak 44. Hingga akhir Agustus ini umpan balik tersebut telah direspon. Sebagaimana pada Gambar 1, dari 43 umpan balik, 42 (97.7%) diantaranya telah direspon dan menyisahkan 1 (2.3%) umpan balik yang belum dijawab. Hal ini menunjukan komitmen untiversitas dalam melayani kritik, saran, dan masukan yang diberikan oleh civitas akademika.
Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik bulan Agustus 2024
Gambar 2. Lingkup Umpan balik bulan Agustus 2024
Sebagaimana data pada Gambar 2, pada bulan Agustus lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak adalah terkait mahasiswa dan lulusan sebanyak 12 umpan balik diantaranya tentang SKL (surat keterangan lulus), Wisuda, dan Ijazah. Hal ini terjadi karena bulan agustus ini sudah mulai pengurusan CPNS bagi alumni. Umpan balik terbanyak berikutnya adalah Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi sebanyak 9 umpan balik yang Sebagian besar terkait kartu Indonesia pintar, keamanan parkir, ketertiban lalu lintas kampus, dan uang kuliah Tunggal.
Berikut adalah rincian data umpan balik untuk fakultas, unit kerja, dan umpan balik yang perlu menjadi perhatian pimpinan universitas.
- Data Umpan Balik Per Fakultas
Sebagaimana data pada Gambar 3, Terlihat ada 9 Fakultas yang menerima umpan balik pada bulan Juli. Fakultas terbanyak yang menerima umpan balik adalah Fakultas Teknik yang menerima 9 umpan balik yang Sebagian besar terkait surat keterangan lulus (SKL). Adapun fakultas berikutnya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan 5 umpan balik terkait layanan bagian akademik, surat keterangan lulus, ijazah dan wisuda. Adapun fakultas lainya yang menerima umpan balik dibulan agustus ini adalah Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, dan Sekolah Pascasarjana.
Gambar 3. Distribusi Umpan Balik Fakultas di bulan Agustus 2024
- Data Umpan Balik Per Unit Kerja
Selama bulan Juli, terdapat 9 unit kerja yang memperoleh umpan balik. Adapun paling banyak memperoleh umpan balik adalah Direktorat Administrasi Layanan Akademik (DALA) sebanyak 6 umpan balik. Sebagian umpan balik terkait ijazah, jadwal wisuda, dan surat keterangan lulus. Adapun unit kerja berikutnya adalah Direktorat Kemahasiswaan sebanyak 3 umpan balik yang Sebagian besar terkait Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).
Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Agustus 2024
- Data Umpan Balik Lapor.go.id
Pada bulan Agustus ini, tidak terdapat laporan melalui LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) kepada Universitas Brawijaya.