Informasi Layanan Umpan Balik UB-Care Bulan Mei Tahun 2023

Pada bulan Mei 2023 tercatat terdapat 53 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care. Secara umum jumlah umpan balik bulan Mei ini naik daripada bulan sebelumnya yaitu bulan April sebanyak 24 umpan balik. Hal ini dikarenakan kegiatan perkuliahan sudah aktif kembali. Adapun 54 umpan balik dibulan Mei ini terdistribusi ke fakultas sebanyak 13, dan 35 untuk unit kerja. Hingga laporan ini dibuat, sebagaimana pada Gambar 1, terdapat 51 atau 96% umpan balik yang telah ditindaklanjuti baik oleh fakultas maupun unit kerja. Selanjutnya tidak ada umpan balik yang belum direspond da nada 2 umpan balik yang tidak layak.

Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik per April 2023

Secara umum, lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak di bidang Pembiayaan, Sarana Prasarana dan Sistem Informasi sebanyak 15 umpan balik. Sebagian besar umpan balik tersebut terkait ketersediaan almamater UB yang beberapa ukuran belum tersedia. Keluhan terbanyak berikutnya adalah Layanan Teknologi Informasi sebanyak 11 umpan balik. Sebagian besar umpan balik tersebut terdiri dari keluhan tentang gangguan jaringan wifi dan email di area kampus. Keluhan terbanyak berikutnya adalah lingkup Mahasiswa dan Lulusan yang berisi terkait pengadaan KTM, layanan akademik, periode wisuda, dan Revisi data di Informasi Akademik Laman Kampus Merdeka (lihat Gambar 2).


Gambar 2. Lingkup Umpan balik per Mei 2023

Data Umpan Balik Per Fakultas

Pada Bulan Mei terdapat 13 umpan balik yang ditujukan untuk fakultas dengan sebaran sebagaimana pada Gambar 3. Terlihat ada 8 Fakultas dengan jumlah masing-masing 1 umpan balik. Beberapa Fakultas tersebut diantaranya adalah FIA, FTP, FPIK, FEB, UB Kediri, FAPET, FKG, dan Pascasarjana. Sebagian besar umpan balik tersebut terkait akademik seperti pendaftaran wisuda, program merdeka belajar, sikap dosen, ancaman pengosongan nilai oleh dosen, dan layanan akademik. Semua umpan balik tersebut telah selesai direspon/ ditindaklajuti.

Gambar 3. Distribusi Umpan Balik di Fakultas Mei 2023

Data Umpan Balik Per Unit Kerja

Berdasarkan data yang telah masuk, dari 53 umpan balik terdapat 66% darinya atau sebanyak 35 umpan balik ditujukan kepada unit kerja. Pada bulan Mei, unit kerja yang paling banyak memperoleh umpan balik adalah Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik (DALA) sebanyak 14 umpan balik berupa keluhan terkait ketersediaan KTM, periode wisuda, UKT, jadwal pengambilan almamater, dan kesalahan data pada PD-Dikti. Adapun semua umpan balik tersebut sudah diselesai dperbaiki dan ditindaklanjuti. Khusus terkait KTM dan Almamater Mulai bulan April hingga Mei proses cetak KTM terus berlangsung dan secara bertahap kepada seluruh mahasiswa.
Umpan balik terbanyak kedua ditujukan kepada Direktorat Teknologi Informasi (DTI) yang memperoleh 5 umpan balik berupa keluhan terkait gangguan wifi, saran terkait pengaturan pengguna email di UB, notifikasi gapura, dan Permohonan Layanan AI-Center UB. Umpan balik terbanyak ketiga berikutnya ditujukan kepada Direktorat Aset sebanyak 5 umpan balik berupa keluhan terkait ketersediaan ukuran jas almamater yang belum sepenuhnya lengkap terutama ukuran XL, M dan belum tersedianya almamater bagi mahasiswa pascasarjana. Adapun respond dan tindaklanjut dari Direktorat Aset adalah Keurangan ketersediaan almamater akan diusahakan dalam awal bulan Juni 2023.

Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Mei 2023