Pada bulan Juni 2023 tercatat terdapat 43 umpan balik yang telah masuk di sistem layanan UB-Care. Secara jumlah umpan balik bulan Juni ini meningkat daripada bulan sebelumnya yaitu bulan April sebanyak 24 umpan balik. Adapun ke-43 umpan balik bulan April ini terdistribusi ke fakultas sebanyak 10, 30 untuk unit kerja, dan 4 umpan balik tidak layak. Hingga laporan ini dibuat, sebagaimana pada Gambar 1, terdapat 38 atau 97% umpan balik yang telah ditindaklanjuti baik oleh fakultas maupun unit kerja. Akan tetapi masih ada 1 atau 3% umpan balik yang belum direspon yang semuanya terkait beasiswa KIP di Universitas Brawijaya.
Gambar 1. Persentase tindak lanjut Umpan balik per Juni 2023
Secara umum, lingkup umpan balik yang masuk ke UB-Care paling banyak di bidang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian sebanyak 10 umpan balik. Sebagian besar umpan balik tersebut terkait bidang akademik yaitu seperti eror pada sistem pendaftaran mahasiswa baru, KTM, Almamater, dan sarana prasarana di PSDKU Kediri. Umpan balik terbanyak berikutnya adalah lingkup Mahasiswa dan Lulusan yang berisi keluhan terkait pembimbing skripsi, data di PD-Dikti, almamater dan KTM (lihat Gambar 2). Urutan kedua adalah umapn balik dengan lingkup Mahasiswa dan Lulusan dengan jumlah 9 umpan balik. Sebagian besar umpan balik tersebut terkait pembimbing skripsi, data PD-Dikti, almamater dan KTM.
Gambar 2. Lingkup Umpan balik per Juni 2023
Data Umpan Balik Per Fakultas
Pada Bulan April terdapat 10 umpan ba Jlik yang ditujukan untuk fakultas dengan sebaran sebagaimana pada Gambar 3. Terdapat ada 5 Fakultas yang mendapat umpan balik pada bulan ini diantaranya adalah FPIK, UB Kediri, FTP, FEB dan FISIP. FPIK memperoleh umpan balik terbanyak dengan 4 umpan balik ya Jng berisi terkait akademik seperti kegiatan ospek dan layanan di bagian akademik. Berikutnya UB Kediri memperoleh 3 umpan balik yang diantaranya terkait kurangnya sarana prasarana UB Kediri dan sikap petugas akademik dalam melayani.
Gambar 3. Distribusi Umpan Balik di Fakultas Juni 2023
Data Umpan Balik Per Unit Kerja
Berdasarkan data yang telah masuk, dari 43 umpan balik terdapat 29 umpan balik yang ditujukan kepada unit kerja. Pada bulan Juni ini, unit kerja yang paling banyak memperoleh umpan balik adalah Direktorat Administrasi Layanan Akademik (DALA) sebanyak 16 umpan balik yang sebagian besar didominasi pertanyaan keluhan seputar sistem pendaftaran mahasiswa baru, dan sisanya terkait mahasiswa yang belum menerima KTM dan almamater. Masih ada 5 umpan balik yang masih belum dijawab dikarenakan umpan balik tersebut baru masuk akhir bulan Juni dan sekarang masih proses di pimpinan DALA.
Umpan balik terbanyak kedua ditujukan kepada Direktorat Aset sebanyak 6 umpan balik yang sebagian besar adalah keluhan terkait beberapa mahasiswa yang mengeluhkan belum menerima almamater dan KTM. Hasil kordinasi kami dengan direktorat terkait adalah untuk KTM bagi mahasiswa yang belum menerima langsung diarahkan untuk bisa mengambil di lantai 2 rektorat UB ruang pembuatan KTM. Adapun terkait almamater saat ini telah dibagikan kepada seluruh mahasiswa. Akan tetapi ada beberapa ukuran almamater yang kehabisan stok sehingga ada beberapa mahasiswa yang harus menunggu lagi. Konfirmasi dari Direktorat Aset kekurangan almamater sedang diusahakan mempercepat penambahan almamater.
Urutan ke tiga adalah Direktorat Kemahasiswaan yang memperoleh 2 umpan balik, dan selanjutnya ada unti kerja LPPM,Wakil Rektor bagian Akademik, FPIK, dan Pusat Urusan Internasional masing-masing memperoleh 1 umpan balik sebagaimana pada Gambar 4.
Gambar 4. Distribusi Umpan Balik di Unit Kerja Bulan Juni 2023