Atasan PPID UB Paparkan Keterbukaan Informasi Publik UB pada Uji Publik Monev KIP 2023

Pada Selasa (28 November 2023), bertempat di Hotel Grand Mercure Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian tahapan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2023, Komisi Informasi Pusat mengundang Universitas Brawijaya dan 47 Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang telah memenuhi syarat ambang batas nilai Self Assessment Questionnaire (SAQ) dan dinyatakan lolos sesuai dengan pedoman Monev KIP 2023 huruf E nomor 3 untuk mengikuti Uji Publik Monev KIP kategori PTN. Proses Uji Publik dilaksanakan dengan media Presentasi dan Pendalaman oleh Tim Juri, terutama untuk mengetahui inovasi dan strategi PTN dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik. Tahapan presentasi akan menentukan nilai, kategori dan peringkat kepatuhan Badan Publik dalam melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik. Menghadiri kegiatan ini, Tim PPID Universitas Brawijaya dipimpin oleh Rektor UB selaku Atasan PPID, Sekretaris Universitas selaku Sekretaris PPID, Kepala Divisi Informasi dan Kehumasan selaku Koordinator PPID Pelaksana, serta Kepala Subdivisi dan Staf DIK.

Pelaksanaan presentasi di Ruang Inovasi dimulai pada pukul 08.30 hingga pukul 10.10 di ruang Inovasi, dengan Dewan Juri terdiri dari Henry Subagyo, Danardono Siradjudin, dan Syawaludin. Masing-masing perwakilan PTN kemudian mempresentasikan pelaksanaan KIP di kampus masing-masing selama 10 menit per PTN. Presentasi PPID UB disampaikan oleh Atasan PPID UB, dengan didampingi oleh Koordinator PPID Pelaksana. Selanjutnya, tim Juri memberikan pertanyaan pendalaman atas materi yang disampaikan, kepada presenter yang ada di dalam ruangan, antara lain yaitu bagaimana peran PTN dalam mencerdaskan bangsa, dan hubungan KIP dengan kecerdasan bangsa. Bagaimana internalisasi KIP dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, baik dalam Penelitian maupun Pengabdian Masyarakat. Serta bagaimana proses bisnis dan evaluasi pelaksanaan KIP sekaligus siklusnya.

Setelah masing-masing perwakilan PTN memberikan tanggapan dan klarifikasi atas pertanyaan tim Juri, kegiatan Uji Publik diakhiri dengan sedikit kalimat penutup dari tim Juri, sebelum dilanjutkan dengan sesi berfoto bersama.