PPID UB

Kunjungan Tim PPID IPB ke PPID dan PIDK UB

Pada Selasa siang (12/12) Pusat Informasi, Dokumentasi dan Keluhan (PIDK) UB juga menerima kehadiran perwakilan Institut Pertanian Bogor (IPB). Rombongan yang terdiri dari dari tiga orang pejabat birokrat IPB tersebut bermaksud mendalami seputar peran dan fungsi PIDK UB dalam menjalankan tugas sebagai Tim Pembantu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana UB. IPB menganggap UB telah berhasil menata sistem pengelolaan informasi sehingga meraih prestasi di ajang Keterbukaan Informasi Badan Publik yang dihelat oleh Komisi Informasi Pusat.


Rombongan IPB disambut langsung oleh Ketua PIDK Dr. Tjahjanulin Domai, M.S., Sekretaris PIDK Aulia Luqman Aziz, SS, SPd, MPd, Staf bidang Layanan Informasi dan Dokumentasi M Alfanur Rizal, S.Kom dan Agustya Primadianta, S.Kom, Staf bidang Pengelolaan Keluhan dan IKM Ubayd Afafa R.K., dan Staf bidang Kesekretariatan Tantina Arya Winanda, SE.

Dalam sambutan pembukanya, Ketua PIDK Tjahjanulin Domai menjelaskan sejarah berdirinya PIDK UB dan kaitannya dengan PPID. Menurut Tjahjanulin, PIDK adalah unit yang khusus dibentuk oleh Rektor UB dalam rangka menjalankan fungsi PPID Pelaksana sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menristekdikti nomor 76 Tahun 2016.

Pertemuan yang diadakan di rapat 1 lantai 6, Rektorat UB itu membahas dengan jelas setiap tahapan dalam perkembangan dan pelaksaan tugas PPID di UB mulai dari struktur PPID, tugas dan wewenang PPID, teknis kordinasi PPID dalam menjalankan tugas, hingga hubungan PPID dengan PIDK dan hubungan dengan sub bagian kehumasan dan kearsipan, Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan PSIK ditingkat Fakultas.

Selain membantu tugas PPID Pelaksana, yang dalam hal ini dijabat oleh Wakil Rektor II, PIDK juga memiliki tugas lain dalam hal penanganan keluhan melalui laman http://e-complaint.ub.ac.id dan pelaksanaan survei kepuasan masyarakat setiap tahunnya.

Pada akhir pertemuan tersebut ditutup dengan pertukaran cinderamata dari masing-masing universitas dan kemudian jalan-jalan melihat kantor PIDK UB dan beberapa sarana layanan informasi yang ada di UB termasuk ruang pelayanan informasi yang bernama Pusat Informasi Layanan Terpadu (PINTER) UB. [Alq/Ubd]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *